Popular Post

Posted by : Hands October 04, 2015

       Matematika, salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti oleh kebanyakan siswa. Namun tidak semua siswa yang takut akan pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan setiap anak memiliki keunikan masing-masing, baik dalam hal kemampuan maupun cara belajar.

     Nah, bagi kalian yang gemar akan pelajaran yang satu ini, coba kalian selesaikan soal berikut. Untuk versi bahasa Inggris, ada di gambar samping. Ada yang pernah tahu soal disamping? Yah, soal tersebut mirip dengan soal olimpiade matematika untuk tingkat SMP yang diadakan di Singapura beberapa waktu lalu. Sepintas soal tersebut seperti soal untuk seorang paranormal agar meramal atau menebak tanggal lahir seseorang. Namun sebenarnya soal ini membutuhkan kemampuan nalar yang kompleks. Berikut ini soal nya. Siapkan alat tulis ya.
        Albert, Bernard, dan David baru saja berkenalan dengan Cheryl, dan mereka ingin tahu kapan ulang tahun Cheryl. Cheryl memberikan daftar 16 kemungkinan tanggal ulang tahunnya.

          15 Mei                16 Mei                   19 Mei
          17 Juni                18 Juni                   20 Juni                   22 Juni
          15 Juli                 16 Juli
          14 Agustus         20 Agustus            22 Agustus
          14 September    16 September      17 September        20 September

         Cheryl memberitahu Albert dan Bernard secara terpisah mengenai bulan dan tanggalnya. Ia lalu mengatakan pada David salah satu tanggal dari daftar tersebut, dan kemudian mengatakan pada mereka bahwa tanggal yang ia katakan kepada David bukanlah tanggal maupun bulan dari ulang tahunnya. Berikut pernyataan mereka.

Albert : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tapi saya tahu bahwa Bernard juga tidak mengetahuinya.
Bernard : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, sekarang saya juga belum tahu.
Albert : Saya masih belum tahu kapan ulang tahun Cheryl. Namun demikian, saya yakin David juga masih belum tahu.
David : Saya tidak tahu tanggal maupun bulannya tepat sebelum Albert mengatakan kalimat terakhirnya1Namun setelah Albert mengatakannya, sekarang saya tahu bulannya.
Bernard : Saya tidak tahu kapan tanggal maupun bulannya tepat sebelum Albert mengatakan kalimat terakhirnya1Namun setelah Albert mengatakannya, sekarang saya tahu kapan ulang tahun Cheryl.
David : Kalau begitu saya tahu kapan ulang tahun Cheryl.
Albert : Sekarang saya juga tahu.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl? Tanggal berapa yang Cheryl katakan kepada David?

Catatan : 1. Kalimat terakhirnya merujuk pada "Namun demikian, saya yakin David juga masih belum tahu."

           Bagi yang sudah tahu jawabannya, kasih SS-ny di kolom komentar ya. Bagi yang masih belum tahu, jangan bingung. Siapkan secangkir kopi hangat dan cemilan, lalu kerjakan dengan santai sambil dengerin musik. Kalau masih bingung juga, jangan garuk-garuk kepala. Silahkan bertanya di kolom komentar. Sekian dulu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Google News - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -