Popular Post

Posted by : Hands October 03, 2015

Manusia diciptakan sebagai makhluk sempurna yang memiliki ciri unik untuk setiap individu dilengkapi dengan kecerdasan yang dapat dikembangkan. Tingkat kecerdasan seseorang sangat ditentukan oleh banyak faktor seperti genetis, lingkungan maupun status gizinya1.
Seorang ibu sangat besar perannya dalam membentuk kecerdasan anak sejak dalam kandungan sampai lahir. Ibu harus mengerti betul gizi untuk dirinya maupun bayinya. Selain supaya bayi sehat, juga bertambah tingkat kecerdasannya.
Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa kadar hormon ibu hamil akan memengaruhi kemampuan matematika anaknya di umur lima tahun. Hormon tersebut adalah tiroksin. Anak yang ketika dalam kandungannya hanya terpapar hormon tiroksin rendah, cenderung memiliki kemampuan matematika lebih rendah karena salah satu fungsi tiroksin yaitu untuk perkembangan otak dan kecerdasan 2 . Namun masih banyak para ibu yang tidak mengetahui hal tersebut.
Selama masa-masa awal kehamilan, bayi yang belum dilahirkan belum mampu memproduksi hormon tiroksin sendiri, sehingga amat bergantung pada pasokan dari ibu3. Masalah yang sering terjadi adalah kurangnya asupan yodium dalam makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Yodium yang ditemukan dalam susu dan ikan merupakan bahan utama tiroksin. Yodium membantu perkembangan otak, terutama saat janin di dalam kandungan di bulan pertama.
Tatapi, memang di Indonesia atau di negara-negara berkembang pada umumnya boleh dikatakan masih jarang ada keluarga yang mempersiapkan kehamilan. Bahkan kadang ada kehamilan dianggap sebagai suatu yang mengejutkan. Berbeda dengan yang terjadi di negara-negara maju. Inilah yang cenderung menjadi penyebab awal mengapa anak-anak yang lahir kemudian tidak berkualitas, karena orang tua seakan tidak siap dalam segala hal untuk memelihara anaknya 4.
Oleh karena itu, dibutuhkan pendidikan untuk ibu hamil dalam rangka mempersiapkan calon penerus bangsa yang cerdas. Pada pendidikan tersebut, Ibu hamil akan mendapatkan informasi tentang sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak. Faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu pemenuhan kebutuhan nutrisi. Selama priode kehamilan, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri dari berbagai protein serta makanan yang kaya akan nutrisi untuk menunjang kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan zat besi, ikan serta buah-buahan dengan kandungan omega akan baik untuk meningkatkan otak janin sehingga kecerdasan bayi akan berkembang dengan baik 5.
Faktor lainnya yaitu pemenuhan kebutuhan kasih sayang. Seorang ibu hamil harus menerima kehamilannya dengan hati yang ikhlas dan bahagia. Tanpa kasih sayang, tumbuh kembang bayi tidak akan optimal karena kondisi tidak kondusif yang dirasakan oleh ibu akan memberi pengaruh terhadap perkembangan bayi dalam kandungannya. Ibu hamil sebaiknya memberikan rangsangan dan sentuhan secara sengaja kepada bayi dam kandungannya. Karena secara emosional akan terjadi kontak. Jika ibunya gembira dan senang, dalam darahnya akan melepaskan neo transmitter zat-zat rasa senang, sehingga bayi dalam kandungannya juga akan merasa senang. Sebaliknya, jika si ibu selalu merasa tertekan, terbebani, gelisah, dan stress, ia akan melepaskan zat-zat dalam darahnya yang mengandung rasa tidak nyaman tersebut, sehingga secara tidak sadar bayi akan terstimulasi dan juga ikut gelisah. yang paling baik adalah stimulasi berupa suara-suara, elusan, dan nyanyian yang disukai si ibu. Hal ini akan merangsang bayi untuk ikut senang.  Berbeda jika si ibu melakukan hal-hal yang tidak disukainya, karena itu sama saja memberikan rangsangan negatif pada bayi. Stimulasi ini akan lebih efektif bila kehamilan sudah menginjak usia diatas enam bulan.`Sebab, pada usia tersebut jaringan struktur otak pada bayi sudah mulai berfungsi.
      Banyak hal yang perlu diketahui oleh seorang calon ibu untuk mempersiapkan kecerdasan anak. Hal ini dimulai bukan pada saat anak tersebut sudah lahir di dunia. Bahkan, hal ini sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan. Apa yang dirasakan oleh seorang ibu, akan dirasakan oleh anak dalam kandungannya. Apa pun makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu pula yang akan diserap oleh anak dalam kandungannya. Oleh karena itu, seorang ibu hamil disarankan untuk meningkatkan pengetahuannya tentang hal apa saja yang diperlukannya untuk mempersiapkan anaknya kelak.

Referensi :
  1. http://health.kompas.com
  2. Finken, J., Martijn, et. al. (2015).Maternal hypothyroxinaemia in early pregnancy and school performance in 5-year-oldoffspring. Journal of European Society for Paediatric Endocrinology. Amsterdam, Netherlands.
  3. Screening for Thyroid Dysfunction in Pregnancy: Is It Worthwihe?, Diakses melalui http://www.hindawi.com/journals/jtr/2011/397012/
  4. Kiat Menciptakan Anaka Cerdas Sejak Dini, Diakses melalui http://bidanku.com/kiat-menciptakan-anak cerdas-sejak-dini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Google News - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -